PUPR HARAPKAN KOLABORASI BANGKOM DALAM PELATIHAN TEKNIS DI BPSDM SULSEL

By Muharrir Mukhlis 19 Mei 2024, 14:03:47 WIB Kegiatan BPSDM SULSEL
PUPR HARAPKAN KOLABORASI BANGKOM DALAM PELATIHAN TEKNIS DI BPSDM SULSEL


Makassar, 17 Mei 2024 - Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VIII Makassar berkunjung ke BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Sulsel di Kampus 2, terus mendorong peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah melalui kolaborasi strategis dengan BPSDM Sulsel. Dalam upaya memperkuat pelatihan teknis, PUPR berharap dapat memperluas kolaborasi dengan BPSDM Sulsel untuk memberikan dampak yang lebih signifikan pada pembangunan daerah.

Saat ini, PUPR telah menetapkan kuota 30% untuk ASN Daerah dalam pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDM Kementerian PUPR. Dari kuota tersebut, prioritas diberikan kepada ASN yang berasal dari wilayah Sulawesi. "Kami berkomitmen untuk memberikan jatah 30% dari kuota pelatihan kepada ASN Daerah, terutama di wilayah Sulawesi, untuk memastikan pemerataan pengembangan kapasitas teknis di seluruh Indonesia," ujar perwakilan PUPR.

Sebagai Lembaga Akreditasi Program Teknis, PUPR mengakui pentingnya peningkatan kapasitas dan kompetensi ASN Daerah. Keikutsertaan ASN dalam pelatihan ini bukan hanya untuk meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga untuk memastikan bahwa standar pelayanan publik di bidang PUPR dapat terus ditingkatkan.

Lebih lanjut, PUPR menekankan pentingnya penugasan narasumber yang efektif dalam pembinaan teknis yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. "Kerjasama dengan pemerintah daerah dalam pelatihan tertentu akan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik daerah tersebut. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelatihan memberikan manfaat maksimal bagi peserta dan relevan dengan kondisi di lapangan," tambahnya.

Ke depan, PUPR berencana mengembangkan pembinaan teknis di bidangnya dalam bentuk Training of Trainers (TOT). Program TOT ini akan ditujukan bagi pengajar, widyaiswara, instruktur, dan pejabat terkait di daerah. "Dengan adanya TOT, kami berharap daerah bisa mandiri dalam menyelenggarakan pelatihan teknis mereka sendiri. Hal ini akan memperkuat kapasitas daerah dalam mengelola pembangunan infrastruktur secara efektif dan efisien," jelas perwakilan PUPR.

Kolaborasi yang erat antara PUPR dan BPSDM Sulsel diharapkan dapat menciptakan sinergi positif dalam pembangunan kapasitas ASN Daerah, sehingga mampu menghadapi tantangan pembangunan infrastruktur yang semakin kompleks di masa mendatang.