`JURNAL SIPATOKKONG` OLEH BPSDM SULSEL

By Muharrir Mukhlis 09 Apr 2020, 09:52:38 WIB Serba Serbi
`JURNAL SIPATOKKONG` OLEH BPSDM SULSEL

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan mempunyai  tugas  menyelenggarakan  penyusunan  dan  pelaksanaan  kebijakan daerah  di  bidang  Pendidikan  dan  Pelatihan  berdasarkan  asas  desentralisasi,  dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Dengan kata lain, beberadaan BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Guna menjamin pemenuhan tingkat kompetensi aparatur yang tersertifikasi baik dari sisi manajemen kediklatan maupun desain pembelajaran, Kegiatan pendidikan dan pelatihan tersebut meliputi Rumpun PelatihanKepemimpinan, Pelaksanaan Rumpun Pelatihan Latsar, Pelaksanaan Rumpun Pelatihan Revolusi Mental.Pelaksanaan Rumpun Pelatihan  Fungsional.  Pelaksanaan  Rumpun  Pelatihan  Teknis  dan Pelaksanaan Rumpun Pelatihan Pemerintahan.

Lewat hasil rapat (8/4/2020) melalui Aplikasi Zoom sebagai dampak adanya pandemi Covid - 19, Kepala BPSDM Sulsel Bapak Imran Jausi menyambut baik penerbitan Jurnal Sipatokkong sebagai wadah sarana dalam menyebarluaskan hasil kajian ilmiah terkait inovasi pembelajaran dan kediklatan yang efektif, khususnya dikalangan Widyaiswara. Harapan lain adalah bahwa semoga sarana publikasi artikel ini dapat menjadi solusi dari permasalahan sarana publikasi artikel bagi setiap yang berkepentingan, serta memberi manfaat yang sebesar – besarnya dalam rangka pengembangan SDM, khususnya Aparatur di Sulawesi Selatan.

Di sesi berikutnya, hadir mengisi rapat antara lain Moderator Drs. H. Achmad Ilham, M.Si, Narasumber Bhakti Prima Fingida, S.Pd., M.Pd, Pimpinan Direksi, Sekretaris, para Reviewer, Tim Editor, serta Widyaiswara. Falam Sosialisasi dan Simulasi Pengelolaan Open Journal System (OJS) hadir Narasumber menyampaikan tugas pokok dan tanggung jawab para pengelola Jurnal Sipatokkong, salah satunya editor yang memiliki tugas untuk mengkoordinasikan peran dan fungsi pengarang, mitra bestari, dan pengelola jurnal dalam proses mempublikasikan karya tulis berdasarkan kaidah ilmiah dan etika.

Selain itu, tugas dan tanggung jawab secara umum adalah mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang, mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan, menerapkan proses untuk menjamin mutu karya ilmiah yang dipublikasikan, mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif, memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang, menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan, bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan agenda pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang.