BPSDM SULSEL BENTUK TIM GUGUS TUGAS (TASK FORCE) PENJAMINAN MUTU/QUALITY ASSURANCE (QA)

By Muharrir Mukhlis 02 Feb 2024, 17:18:35 WIB Kegiatan BPSDM SULSEL
BPSDM SULSEL BENTUK TIM GUGUS TUGAS (TASK FORCE) PENJAMINAN MUTU/QUALITY ASSURANCE (QA)

Senin, 30 September 2023 - Seiring dengan penetapan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penjaminan Mutu Pelatihan Aparatur Sipil Negara, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan secara bertahap terus berupaya dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pelatihan. Salah satunya dengan memberlakukan Sistem Penjaminan Mutu Pelatihan ASN. Langkah pengembangan Penjaminan Mutu dimulai dengan menetapkan kebijakan, menetapkan standar, melaksanakan standar, mengevaluasi pelaksanaan standar, mengendalikan pelaksanaan standar secara berkelanjutan berupaya meningkatkan standar (Continuous Quality Improvement). Dengan diberlakukan Sistem Penjaminan Mutu tumbuh budaya mutu.

Sistem Penjaminan Mutu merupakan proses, mekanisme dan prosedur untuk menjamin bahwa manajemen mutu benar-benar dilaksanakan sesuai kebijakan dan standar yang telah ditetapkan. Sistem Penjaminan Mutu juga merupakan sikap mental dan nilai sekaligus pola pengelolaan Lembaga Pelatihan yang diarahkan secara sadar, sistematik dan efisien untuk mencapai kepuasaan stakeholder. Sistem Penjaminan Mutu dikembangkan bukan hanya sekedar memperkenalkan konsep dan misi standar, tetapi juga berisi tentang bagaimana melaksanakan standar yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk mencapai harapan tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia membentuk Tim Gugus Tugas (Task Force) Penjaminan Mutu/Quality Assurance (QA) yang dilaksanakan di Command Center Kampus 2 BPSDM Prov. Sulsel yang dipimpin langsung oleh Kepala BPSDM Prov. Sulsel bapak Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog yang di mana nantinya Menerapkan Mutu Pelatihan sesuai Pedoman Penjaminan Mutu Pelatihan dan Perencanaan Kegiatan Penjaminan Mutu Pelatihan yang telah dirumuskan dan ditetapkan oleh Tim Quality Standard (QS) serta yang paling penting dapat menaikkan Akreditasi BPSDM Prov. Sulsel.