BPSDM PROV. SULSEL GELAR PKP PEMPROV. SULSEL DI AULA KAMPUS 2

By Muharrir Mukhlis 22 Mei 2024, 14:47:00 WIB Kegiatan BPSDM SULSEL
BPSDM PROV. SULSEL GELAR PKP PEMPROV. SULSEL DI AULA KAMPUS 2

Makassar, 21 Mei 2024 - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan hari ini secara resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Acara pembukaan yang berlangsung di Aula Kampus 2 BPSDM Prov. Sulsel ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari ASN berbagai instansi di lingkungan Pemprov. Sulsel.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan BPSDM Sulsel untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi kepemimpinan ASN di wilayahnya. Kepala BPSDM Provinsi Sulsel, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai landasan bagi pengembangan kepemimpinan yang efektif dan inovatif di era pemerintahan modern.

"Saya sangat berharap, melalui pelatihan ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang adaptif, responsif, dan proaktif dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan," ujarnya.

Pelatihan Kepemimpinan ini telah memasuki tahap klasikal, setelah sebelumnya peserta berhasil melewati tahap Massive Open Online Course (MOOC) dan Elearning. Tahap klasikal ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif, memungkinkan peserta untuk langsung berinteraksi dengan fasilitator dan narasumber yang berpengalaman.

Selama tahap MOOC dan Elearning, peserta telah diperkenalkan pada berbagai konsep dan teori kepemimpinan dasar melalui platform online. Tahap ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan awal sebelum memasuki sesi tatap muka yang lebih intensif.

Dalam tahap klasikal, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, termasuk diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi, yang semuanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan analitis, strategis, dan praktis dalam konteks kepemimpinan. Kegiatan ini juga akan memperkuat jaringan profesional antar peserta, menciptakan sinergi dan kolaborasi yang lebih baik di masa mendatang.

BPSDM Provinsi Sulsel berkomitmen untuk terus mengembangkan program pelatihan yang relevan dan berdaya guna, sejalan dengan visi dan misi Pemprov Sulsel dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, dan berorientasi pada pelayanan publik.

Dengan berlangsungnya Pelatihan Kepemimpinan ini, diharapkan para peserta dapat kembali ke instansi masing-masing dengan semangat baru dan kemampuan yang telah ditingkatkan, siap untuk mengimplementasikan praktik kepemimpinan yang baik dan membawa perubahan positif bagi masyarakat Sulawesi Selatan.