TIPS MEMILIH JUDUL PROYEK PERUBAHAN YANG BAIK

By Muharrir Mukhlis 11 Okt 2018, 07:40:58 WIB Serba Serbi
TIPS MEMILIH JUDUL PROYEK PERUBAHAN YANG BAIK

Keterangan Gambar : Dr. dr Ampera M.S., Ked., MH. Staf pada BPSDM Prov Sulsel


Pemilihan nama Proyek Perubahan pada diklat Kepemimpinan sangat penting untuk memperoleh gambaran umum arah dan tujuan dari sebuah inovasi yang akan dilakukan oleh reformer di lingkup bidang kerja mereka masing-masing. Judul proyek perubahan yang baik haruslah mencerminkan jiwa dari sebuah inovasi Proyek Perubahan yang akan dilakukan oleh seorang reformer. Dari Judul Proyek Perubahan, seseorang dapat mengerti dan memahami ruang lingkup, proses dan produk sebuah inovasi yang akan dilakukan oleh reformer.

Tidak jarang dijumpai judul Proyek Perubahan yang dibuat oleh para reformer terkesan asal-asalan, tidak fokus pada sasaran perubahan dan tidak menggambarkan apa yang akan dicapai dari sebuah Proyek Perubahan yang akan dilakukannya. Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, maka peran coach dan mentor sangat penting dalam membimbing reformer untuk mendisign sebuah judul Proyek Perubahan yang akan dilakukannya.

Idealnya sebuah judul Proyek Perubahan harusnya : Singkat, padat dan Jelas; menarik perhatian; actual; serta menggunakan kalimat aktif

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka pemilihan Judul Proyek perubahan yang baik hendaknya mengacu pada hal-hal tersebut dibawah ini (Pusdiklat pengembangan SDM Kementrian Keuangangan, 2016) : Judul mengacu pada output akhir; contoh : apabila peserta menggunakan alat analisis fishbone diagram, judul mengacu pada kepala ikan; apabila solusi atas permasalahan hanya satu atau dua, judul dapat mengacu ke solusi dan output akhirnya; Contoh : Membuat ... dalam rangka .... ; Judul dibuat dengan kalimat yang menarik perhatian pembaca; Judul harus mewakili isinya; harus terdapat lokus.

Slanjutnya Tim Fasilitator Diklkat PIM IV Pusdiklat BMKG, 2016; memberikan Tips memilih judul yang baik sebagaimana link gambar slide dibawah ini :

 

Tips Membuat Judul (Slide 1) : https://drive.google.com/open?id=16V60ntHMOAvSLOx9HxdOTOZy7wBFrHkX

Contoh Judul (Slide 2) : https://drive.google.com/open?id=1VoFedWw4YR_mwNkNkuj2tLJoHffe42ZE