SOSIALISASI ASN CORPU DAN PERATURAN TERKAIT PEJABAT PEMERINTAH NON ASN LINGKUP PROVINSI SULSEL

By Muharrir Mukhlis 14 Des 2020, 13:24:37 WIB Serba Serbi
SOSIALISASI ASN CORPU DAN PERATURAN TERKAIT PEJABAT PEMERINTAH NON ASN LINGKUP PROVINSI SULSEL

BPSDM Sulsel – 14 Desember 2020, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan laksanakan Sosialisasi terkait Corporate University yang nantinya di awal tahun 2021 akan dilaunching oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Bapak Tautoto Tana Ranggina Sarongallo, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Drs. Asri Sahrun Said, dan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Ir. H. Imran Jausi, M.Pd, serta Sekretaris dan Kasubag Umum dan Kepegawaian OPD lingkup Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam penjelasan singkatnya, Kepala BPSDM Sulsel mengatakan “terkait dengan ASN Corpu kita sudah wacanakan tahun lalu, bahkan BPSDM Sulsel sejak Bapak Imran Jausi sejak menjadi Kepala BPSDM Sulsel kita sudah mempersiapkan diri.”

Lanjut dikatakan bahwa “LMS (Learning Management System) yang kita upayakan hadir dalam rangka menjawab tantangan di era pandemi maupun era global ke depan kita sudah siapkan. Intinya nanti adalah setiap ASN wajib mengikuti pelatihan minimal 20 JP per Tahun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil”, sambungnya.

Di kesempatan yang sama, salah satu Widyaiswara BPSDM Sulsel Bapak Drs. Arwin Malik, M.Si menjelaksan bahwa ”ASN Corpu adalah model pengembangan kompetensi yang mengarah pada program strategis, yang mengarah pada visi misi dan target prioritas yang dilakukan secara terintegrasi, sedangkan tujuan dari ASN Corpu ini adalah Pengembangan Kompetensi yang dapat memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan, dan sikap sehingga dapat melaksanakan tugas jabatan secara professional dengan dilandasi oleh kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kebutuhan instansi; Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaru dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, dan; Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.” jelas Arwin.

Lanjut dikatakan Kepala BPSDM Sulsel “Sangat mustahil kita melakukan tatap muka terhadap 45 ribu ASN se Sulawesi Selatan, BPSDM dengan bebarapa fasilitas seperti ruang kelas dan ruang pertemuan itu tidak mungkin bisa, saya kira dengan hadirnya ASN Corpu bisa menjawab tantangan ini”, tegas Asri.

Keberadaan ASN Corpu ini akan mendapat dukungan dari semua pihak. Terdapat kelemahan-kelemahan mengenai infrastruktur jaringan, makanya BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan sudah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan PT. Telkom agar membackup infrastruktur jaringan tersebut. Selain ASN Corpu, juga dibahas adalah Peraturan tentang Pejabat Pemerintah Non ASN yang disampaikan langsung oleh Kepala BKD Provinsi Sulawesi Selatan.