REVOLUSI MENTAL : INI MERUPAKAN PRIORITAS NASIONAL

By Muharrir Mukhlis 07 Feb 2022, 14:58:12 WIB Serba Serbi
REVOLUSI MENTAL : INI MERUPAKAN PRIORITAS NASIONAL

7 Februari 2022, Mewakili Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kepala BPSDM Prov. Sulsel bapak Drs. H. Asri Sahrun Said siang tadi memberikan sambutan pada acara pembukaan Pelatihan Revolusi Mental (Revmen) Angkatan 1 yang diselenggarakan oleh Puslatbang KMP LAN Makassar. “Pelatihan Revolusi Mental merupakan amanat instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi”, terang Asri.
“Revolusi mental bagi ASN adalah sebuah ikhtiar untuk memperbaiki dan membanguk karakter aparatur dengan mengacu pada nilai-nilai dasar ASN. ASN adalah unsur penting dalam pemerintahan. Jika ASN memiliki karakter yang baik, maka birokrasi pemerintahan pun juga akan menjadi baik. Revolusi mental ASN menjadi kunci bagi terwujudnya revolusi mental bangsa. Sebab, ASN adalah role model yang menjadi faktor pengungkit dan pendorong revolusi mental masyarakat”, sambung Asri.


Sebelum mengakhiri sambutannya di depan para peserta dengan jumlah sebanyak 25 orang, beliau menitip pesan kepada para ASN agar menjadi pionir, ASN berAKHLAK, akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai dasar berAKHLAK ini, harus menjadi pegangan seluruh ASN dalam bekerja dan berperilaku.


Pelatihan ini merupakan prioritas nasional Presiden RI Joko Widodo, Puslatbang KMP LAN Makassar yang bertempat di Antang makassar menyurat ke beberapa OPD untuk dapat mengikuti pelatihan ini selama 2 bulan melalui model Virtual yang memiliki beberapa persyaratan. Salah satunya Pejabat Administrator yang memiliki rekam jejak yang baik, mereka adalah orang-orang yang bisa mendorong perubahan secara cepat. Selain itu juga mereka adalah orang yang berkinerja tinggi, hal ini disampaikan oleh Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Bapak Dr. Andi Taufik, M.Si pada materi Overview Pelatihan.


Beliau juga mengutip kalimat dari Presiden 1 RI bapak Soekarno Hatta bahwa “Revolusi Mental merupakan suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, dan berjiwa api yang menyala-nyala. Menurut Bapak Presiden Jokowi, Revmen adalah gerakan nasional untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap-sikap, nilai-nilai, dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”, sambung Andi Taufik.


Kepala Deputi IV Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Komptensi LAN RI Bapak Basseng turut ambil bagian dalam memberikan sambutan sekaligus membuka pada acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa “Penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik itu bisa kita terapkan dengan baik. Dengan demikian, maka yang tidak perlu kita bertanya lagi kepada suatu instansi, apakah instansi ini menerapkan atau mendukung budaya bersih, birokrasi dan melayani?. Tinggal kita melihat kalau ada instansi pemerintah yang gencar di dalam penggunaan teknologi informasinya, maka otomatis instansi pemerintah itu sudah memiliki budaya bersih, birokrasi dan menarik.”.