PENYELARASAN PROGRAM KEGIATAN ANTAR KABUPATEN KOTA PADA FORUM PERANGKAT DAERAH PERUBAHAN TA. 2020

By Muharrir Mukhlis 18 Okt 2020, 18:37:15 WIB Kegiatan Diklat
PENYELARASAN PROGRAM KEGIATAN ANTAR KABUPATEN KOTA PADA FORUM PERANGKAT DAERAH PERUBAHAN TA. 2020

Forum Perangkat Daerah merupakan wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Perangkat daerah diharuskan untuk meenyusun renstra periode 2018 – 2023.


Sekretaris Badan M. Kaharuddin Azis, SE., M.Si dalam laporan pelaksanaan mengatakan “hadir dalam forum ini sebanyak 21 kabupaten/kota yang dihadiri oleh para Kepala BKD/BKPSDM/BKPP atau yang mewakili”, lapornya. 


Sekretaris Daerah Drs. Abdul Hayat, M.Si menjelaskan bahwa “Forum Perangkat Daerah Perubahan Tahun Anggaran 2020 ini adalah merupakan salah satu tahapan perencanaan khususnya pada tahapan penyusunan perubahan renstra perangkat daerah Tahun Anggaran 2020, maksud dilaksanakan forum ini adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajam target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan perubahan renstra perangkat daerah tahun 2020”, dalam sambutannya sekaligus membuka forum tersebut.


Pelaksanaan forum ini berlangsung selama 1 hari (16/10/2020) di Aula Kampus 2 BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Jl. Sultan Alauddin No. 105 B Makassar, dengan materi antara lain Corporate University yang dibawakan oleh Drs. Arwin Malik, M.Si (Widyaiswara di BPSDM Sulsel); Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2013 oleh A. Rahmi Bahariawati P, ST., M.Si (Kabid. Bappelitbangda Prov. Sulsel); Penguatan SAKIP oleh Ir. A. Muhammad Arifin Iskandar, M.Si (Kabag. Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Biro Ortala Setda Prov. Sulsel); dan Tugas dan Fungsi APIP Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh Drs. Rusham Haruna, M.Si (Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan).


Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Drs. H. Asri Sahrun Said sekaligus sebagai Penjabat sementara menjadi Bupati Tana Toraja dalam arahannya sebelum penutupan mengatakan bahwa “diharapkan para kabupaten kota menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah”, jelasnya.